14/12/11

Cara meng-onlinekan folder di komputer

image   Jika suatu saat anda ingin berbagi file kepada teman anda yang ada di luar kota atau bahkan di luar negeri, mungkin anda akan mengupload file tersebut ke file hosting gratis seperti 4shared, ziddu, dll lalu memberikan link hasil upload tadi ke teman anda. hal ini menurut saya buang-buang waktu, mengapa demikian?
sekarang bayangkan saja, sebelum mengupload, anda harus membuka file hosting tersebut, lalu masuk ke akun anda, klik upload bla bla bla. belum lagi kalo pas servernya lemot, dan yang paling disayangkan, kebanyakan file hosting tersebut tidak memberi fasilitas direct link kepada anda. terus bagaimana donk seharusnya?
saran saya sih mending file tersebut langsung di onlinekan, jadi gak perlu di upload di 4shared dkk, hal ini menggunakan “dropbox"
dropbox adalah sebuah layanan backup data, jadi setelah softwarenya di instal, di “my document” akan terbentuk sebuah folder bernama “dropbox”. nah ketika suatu file dimasukkan ke folder “dropbox” tadi, file tersebut akan terupload secara otomatis ke website dropbox, jadi file tersebut bisa di download siapapun…

Cara daftarnya:
  1. klik disini
  2. klik “login” dan klik “create account” image
  3. isi form registrasinya dan klik “create account”image
  4. setelah itu akan muncul konfirmasi untuk download file dropbox.
  5. instal dropbox tersebutdan lihat di windows exploler, akan muncul folder baru bernama “dropbox”image
  6. sekarang, anda tinggal mengcopy file yang anda ingin upload ke dropbox tersebut. disini ada 2 kemungkinan. pertama, jika anda ingin file yang anda upload tersebut tidak bisa di bacapublik (tidak bisa di download oleh umum, maka anda tinggal mengcopy file tersebut di root directori. sebaliknya, jika anda ingin mempublikasikan file yang anda upload tersebut(agar bisa di download oleh umum), maka anda harus menempatkan file tersebut di folder “public”
disini akan saya contohkan kemungkinan yang kedua tadi (cara mengupload file agar bisa di download umum). disini saya menggunakan file bernama “kesenian kita.skb”.
  1. copy dan paste file tersebut di folder “public” dalam dropbox.image
  2. klik kanan file tersebut, arahkan ke “dropbox” dan klik “copy public link”
  3. nah, link itulah yang digunakan untuk mendownlaod dile “kesenian kita.skb”. untuk mengeceknya, pastekan di adress bar firefox. kalau berhasil, maka akan muncul konfirmasi untuk mendownload file tersebutimage

INFO!!!!!!!!!!

=======Untuk anda yang malas mendownload, bisa pesan SOFTWARE / GAME / OS disini=====


Share this:

Buat sobat blogger yang suka dengan artikel yang saya buat ini, silahkan share dimana saja (facebook, twitter, blog, dll). bila berkenan, mohon cantumkan link ini sebagai sumbernya. mari kita berbagi satu sama lain, karena berbagi adalah investasi yang tidak ternilai :)

Artikel Yang Berhubungan




3 komentar :

menu publicnya kok ga muncul ya, lalu gak ada copy direct link nya. gimana dong.

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas tentang postinganya, silahkan berkomentar. tapi mohon jangan SPAM ya :)